Cara Memulai Bisnis Online Terbaru Untuk Pemula

Untuk para pemula yang menginginkan mencoba cara membuka sebuah usaha bisnis online pasti akan terasa bingung sendiri dan terasa sulit karena tidak tahu awalnya harus melakukan apa? Serta bagaimana darimana dan bagaimana cara memulai bisnis online terbaru untuk pemula tersebut? Sebetulnya sudah banyak tutorial atau panduan-panduan secara online yang mengajarkan tentang cara memulai bisnis online terbaru untuk pemula, namun secara teori semuanya sama.

Sebelum kita memulai cara bisnis online, sebaiknya kita harus menentukan jenis bisnis online seperti apa yang akan kita dijalankan, karena jenis bisnis online itu sebenarnya sangat banyak untuk diciptakan dengan tingkat kesulitan yang bervariasi. Selanjutnya, kita harus serius dan fokus jika ingin membangun sebuah bisnis online serta kita perlu untuk belajar membangun sikap yang positif. Lalu apa saja membangun sikap yang positif tersebut? Sikap yang harus kita jalankan, seperti: belajarlah dengan serius dan fokus pada 1 (satu) bisnis online awal yang akan kita buka; Mau bekerja keras dan pantang menyerah; Punya mimpi besar dan terukur dalam berbisnis online; Siap mengambil resiko.

Sekarang saatnya membahas tentang bagaimana cara memulai bisnis online yang menguntungkan untuk jangka panjang. Materi di bawah ini adalah jenis bisnis online yang mungkin sesuai dengan kesukaan dan kemampuan yang Anda miliki.

Membuat Website/Blog

Langkah awal membuat website/blog adalah langkah yang paling mudah untuk dilakukan oleh seorang pemula untuk memulai sebuah bisnis online. Namun sebelum membuat website/blog, Anda harus menentukan terlebih dahulu topik yang akan kita buat. Topik (materi) yang telah diciptakan oleh Anda harus memberikan manfaat bagi para pembaca pada website/blog Anda. Agar Anda tidak bingung untuk menciptakan suatu topik, buatlah topik (materi) yang berhubungan dengan keahlian anda, hobby/kesukaan Anda. Tentu diluaran sana akan ada banyak orang yang mempunyai keahlian, hobby/kesukaan seperti Anda dan mereka inilah yang akan menjadi target pembaca website/blog Anda.

Jika website/blog Anda sudah memiliki traffic/pengunjung yang banyak, Anda bisa memanfaatkan website/blog Anda menjadi bisnis online Anda. Ada beberapa cara untuk menjadikan kuntungan dari website/blog Anda, misalnya dengan cara memasang produk sendiri, memasang iklan affiliate, menjual jasa dan memasang Google Adsense.

Jika Anda sudah memiliki sebuah website/blog yang terlihat sudah profesional, pasti itu akan memberikan keuntungan yang tidak akan hilang ditelan zaman.

Membuat Toko Online

Saat ini untuk membuat toko online sendiri sudah bukan lagi hal yang sulit untuk dilakukan. Cara mudah untuk membuat website/blog toko online sendiri bisa memanfaatkan platform WordPress. Apalagi jika Anda mempunyai keahlian dalam bidang bahasa pemrograman (Web Development) tentu hal tersebut akan lebih mudah lagi dalam membuat toko online sendiri. Toko online biasanya digunakan untuk berjualan produk-produk fisik dengan cara memajang foto produk yang akan kita jual lalu mempromosikan ke berbagai media online yang ada.

Jika kita tidak mempunyai produk sendiri, kita bisa mengambil produk orang lain yang kira-kira banyak pencarinya di internet dan selanjutnya dijual di toko online yang Anda miliki (atau biasa disebut dengan dropshiper). Dropship ini banyak mendatangkan keuntungan bagi Anda serta Anda tidak perlu sibuk atau bingung untuk mempersiapkan, pengadaan, dan mengirim barang karena barang tersebut sudah dipersiapkan dan dikirim ke pembeli langsung oleh supplier Anda.

Menjual Produk Digital

Apa itu produk digital? Produk digital bisa merupakan sebuah eBook, video, membership dan banyak lagi. Lalu bagaimana cara menjualnya? Setiap orang tentu mempunyai keahlian yang berbeda-beda. Jika kita mempunyai satu keahlian, lalu keahlian kita tuangkan dalam sebuah eBook dan video, dan selanjutnya eBook dan video tersebut dapat kita jual melalui website/blog yang kita miliki.

Bisnis digital ini masih sangat relevan untuk dijual melalui internet dan tidak akan kehabisan pembeli. Karena saat ini kebanyakan orang membaca buku digital dibandingkan dengan buku fisik. Bisnis produk digital ini biasanya laris terjual di berbagai komunitas online. Oleh sebab itu, mulailah saatnya Anda menuangkan semua keahlian pada eBook dan video dan segera jual pada komunitas-komunitas onine yang berkaitan dengan keahlian Anda.

Menjadi Affiliate Marketer

Jika Anda sudah mempunyai website/blog sendiri dan sudah mendatangkan ratusan bahkan ribuan pengunjung pada website/blog Anda, tetapi Anda belum mempunyai produk sendiri untuk dijual pada website/blog Anda. Untuk saat ini Anda tidak usah khawatir dengan hal itu, karena masalah tersebut bisa diatasi.

Pada saat sekarang ini sudah sangat banyak sekali perusahaan-perusahaan toko online lokal maupun internasional yang menjual produknya dipasarkan oleh orang lain atau biasa disebut affiliate marketer (calo online). Produk-produk affiliate yang dijual ini sangat banyak jenisnya, Anda tinggal memilih produk-produk yang kira-kira banyak pembelinya di internet, lalu dipasarkan melalui website/blog Anda sesuai dengan topik yang akan dijual.

Saatnya sekarang Anda berbisnis online dengan cara menjual produk orang lain.