Arab Saudi Akhirnya Menambah Kuota Haji Indonesia

Akhirnya Indonesia mendapatkan tambahan kuota haji sebanyak 10 ribu orang, setelah Presiden RI melakukan pertemuan dengan Raja Arab Saudi. Dalam pertemuan antara Indonesia dan Arab Saudi telah menyepakati mekanisme konsultasi tingkat pemimpin dan melakukan pertemuan secara rutin dalam setahun sekali.

Seperti yang telah dikutip laman Tempo.co “Indonesia-Saudi juga sepakat segera melakukan pertemuan untuk membahas investasi dan kerjasama ekonomi lain,” kata Menteri Luar Negeri Retno Marsudi dalam keterangan yang disampaikan Bidang Protokol, Pers, dan Media Sekretariat Presiden, Ahad 14 April 2019.

Pertemuan yang dilakukan pada tanggal 14 Apri 2019, di Riyadh, Raja Salman bin Abdulaziz menyampaikan bahwa Indonesia mendapat penambahan kuota haji. Dan pernyataan itu diperkuat ditegaskan kembali oleh Putra Mahkota Kerajaan Arab Saudi, Muhammad bin Salman.

Wakil Ketua Komisi VIII DPR Republik Indonesia dari Fraksi Partai Golkar, Ace Hasan Syadzily mengatakan penambahan kuota ini telah diputuskan oleh Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz, pada saat bertemu Jokowi di Istana Pribadi Raja di Riyadh, pada hari yang sama.

Baca juga: Video Prabowo mengklaim Kemenangannya pada Pilpres 2019